Biji Jinten Hitam

Biji Jinten hitam adalah salah satu rempah yang memiliki sifat penyembuhan alami yang kuat. Seperti namanya, jinten berwarna hitam dan berbentuk tipis mirip bulan sabit. Pada awalnya Ramuan jinten hitam ini berasal dari Mesir, negara-negara di Timur Tengah, dan  juga banyak digunakan oleh masyarakat India. Jinten hitam pada umumnya digunakan sebagai bumbu untuk berbagai jenis masakan di berbagai belahan dunia. Ia memiliki rasa sedikit pahit, yang cocok untuk menggantikan lada .
Minyak Biji Jinten Hitam (juga sering disebut Black Coriander Oil atau hanya Black Oil) berasal dari tanaman Nigella Sativa yang berasal dari Asia. Studi terbaru mengenai minyak biji yang sangat kuat ini mungkin bermanfaat dalam memerangi serangga super seperti MRSA atau h.pylori dan pada pasien kanker.
Senyawa aktifnya meliputi nigellone dan thymoquinone kristal – diyakini sebagai bahan yang terutama bertanggung jawab atas khasiat obat ampuh minyak, bersama dengan, asam miristat, asam palmitat, asam stearat, asam palmitoleat, asam oleat, asam linoleat, asam arakidonat, protein dan vitamin B1. , B2, B3, kalsium, folat, besi, tembaga, seng dan fosfor.
Dengan segala manfaat dari biji jintan hitam, disarankan untuk mengkonsumsinya paling tidak 1 sendok teh per hari untuk mencegah tubuh dari berbagai penyakit.
Jintan Hitam
Jintan Hitam
Berikut adalah manfaat-manfaat dari biji jintan hitam untuk kesehatan tubuh:

MENCEGAH PENYAKIT KANKER

Beberapa penelitian ilmiah telah dilakukan mengenai minyak jinten hitam yang terkait dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar, kanker paru-paru, sel tumor otak dan banyak lagi.
Satu studi 2012 dari National University of Singapore, menemukan bahwa “efek anti tumor thymoquinone juga telah diteliti pada model tikus xenograft tumor untuk kanker usus besar, prostat, pankreas dan paru-paru. Kombinasi thymoquinone dan obat kemoterapi konvensional dapat menghasilkan efek terapeutik yang lebih besar serta mengurangi toksisitas yang kedua. ”
Studi sel juga menemukan bahwa minyak jinten hitam dibandingkan dengan agen kemoterapi populer dalam penindasan pertumbuhan kanker usus besar, namun dengan profil keamanan yang jauh lebih tinggi.
Pada tahun 2014, para periset dari Arab Saudi melaporkan bahwa minyak tersebut mampu secara signifikan mengurangi populasi sel kanker yang hidup dan mengubah morfologi seluler. Mereka menemukan bahwa konsentrasi minyak yang lebih tinggi yang digunakan untuk mengobati sel kanker, tingkat kematian sel yang lebih tinggi, dan akhirnya menyimpulkan bahwa data tersebut menunjukkan bahwa minyak jinten hitam secara signifikan mengurangi kelangsungan hidup sel kanker paru-paru manusia.
Beberapa ahli kesehatan juga merekomendasikan penggunaan minyak jinten hitam untuk perlindungan alami terhadap bahaya radiasi, yang digunakan bersamaan dengan perawatan konvensional.

MENURUNKAN BERAT BADAN

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Juni 2013 di Journal of Diabetes and Metabolic Disorders, para peneliti mencatat bahwa setelah meninjau literatur untuk tanaman dengan sifat anti-obesitas, mereka menemukan bahwa minyak jinten hitam merupakan salah satu solusi alami yang paling efektif di dunia. Ini diyakini efektif dengan cara yang sama seperti membantu penderita diabetes. Ini adalah agen antiinflamasi yang sangat baik dan telah ditemukan untuk mengurangi nafsu makan, memperbaiki kadar glukosa dan penyerapan glukosa, yang dapat membantu seseorang menurunkan berat badan berlebih.

MEMILIKI KULIT YANG INDAH

Cleopatra juga dikenal memiliki kulit yang indah – dan minyak jinten hitam mungkin menjadi rahasianya karena hal ini juga diketahui mempromosikan dan menghambat produksi melanin, memberi manfaat pada kulit dan bahkan membantu menyembuhkan bekas luka, dan mencegah pembentukan parut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini mungkin merupakan obat yang sangat berguna untuk tujuan ini.
Penelitian lain telah menunjukkan bahwa minyak jinten hitam sama efektifnya dengan krim kulit Betamethasone dalam mengurangi tingkat keparahan eksim pada tangan. Ini dikenal untuk membantu meredakan radang, dan memperbaiki kecepatan penyembuhan di kulit.

MENGATASI RAMBUT RONTOK

Ada alasan mengapa Cleopatra menggunakan minyak jinten hitam untuk mencapai rambut yang begitu indah dan panjang. Ini dikenal tidak hanya memperkuat rambut, tapi juga untuk mendorong pertumbuhan dan bahkan mengatasi rambut rontok. Ini belum diketahui bagaimana cara kerjanya, tapi diperkirakan hal itu berkaitan dengan senyawa anti-mikrobia dan antioksidan kuat yang diketahui memperkuat folikel rambut. Karena juga antiinflamasi, sangat baik untuk kondisi kulit kepala yang menenangkan seperti flakiness. Ini juga membantu membunuh infeksi jamur dan virus, jadi jika Anda melawan masalah dengan kutu, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menggunakan minyak jinten hitam juga.
Jika Anda mengalami rambut rontok, atau kebotakan, Anda bisa mengoleskan minyak jinten hitam langsung ke tempat botak, biarkan selama 30 menit lalu bilas. Pilihan lainnya adalah menggabungkan campuran minyak extra-virgin 1 – 1 dan minyak jintan hitam, lalu gosoknya langsung ke area yang botak.

BAIK UNTUK KESEHATAN JANTUNG DAN HATI

Vitalitas terbaik tidak berarti apa-apa jika Anda tidak mempertahankan kesehatan hati. Jinten hitam bermanfaat bagi jantung. Asam lemak omega-6 & -9 kaya tak jenuh dan asam fitosterol membantu memperkuat dan meningkatkan elastisitas dinding pembuluh darah, mengurangi kerapuhan kapiler dan permeabilitas, mencegah pembentukan trombus, dan menurunkan tekanan arteri.
Ini juga membantu penurunan kolesterol darah-mencegah pembentukan plak aterosklerotik yang berbahaya, sekaligus mencegah perkembangan unsur peradangan pada keseluruhan sistem kardiovaskular. Selain itu, jinten hitam telah digunakan untuk mengobati takikardia, bradikardia, hipotensi, hipertensi, serta penyakit jantung alternatif.

OBAT TERBAIK

Pada tahun 1989, sebuah artikel tentang sifat fenomenal jinten hitam diterbitkan di Jurnal Medis Pakistan.
Kemudian pada tahun 1992, penelitian tentang sifat antibakteri dari Jintan Hitam – dibandingkan dengan obat antibiotik yang kuat – dilakukan oleh departemen medis Universitas Dhaka, di Bangladesh. Faktanya sangat menarik: minyak jinten hitam menunjukkan dirinya sebagai obat lebih efisien terhadap beberapa jenis bakteri termasuk yang paling tahan terhadap obat antibiotik.

MENYEMBUHKAN ASMA DAN ALERGI

Histamin adalah sebuah senyawa yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh akibat reaksi alergi. Senyawa Crystalline nigellone yang terdapat dalam  jintan hitam memiliki protein kinase C, yaitu substansi yang dikenal dapat menghambat pelepasan histamin. Pemberian jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar pasien dengan bronchitis, asma dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping . Untuk pengobatan asma dan alergi, ambil secangkir air hangat , tambahkan satu sendok madu, dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habatussauda. Campur dan minum di pagi hari, bisa sebelum sarapan atau setelah makan malam. Selama proses pengobatan ini, hindari makanan yang dingin dan membawa alergen .

MENINGKATKAN JUMLAH ASI

Jintan hitam bisa meningkatkan jumlah susu untuk ibu yang menyusui,  karena kombinasi dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginine, yang penting untuk pertumbuhan bayi. Namun sayangnya, masih belum banyak yang diketahui tentang keamanan menggunakan biji hitam saat menyusui.

MENINGKATKAN KECERDASAN DAN MENCEGAH ALZHEIMER

Jinten hitam mengandung asam linoleat (omega 6), dan asam linolenat (Omega 3), sehingga merupakan nutrisi bagi sel otak yang baik untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Jintan hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah ) ke otak,  dan sangat cocok untuk diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

MENYEMBUHKAN AMBEIEN

Penyakit ambeien bisa menjadi salah satu penyakit yang sering kambuh dan menggangu kegiatan sehari-hari, terutama bagi Anda yang mempunyai banyak pekerjaan dengan posisi duduk. Obatilah ambeien dengan biji jintan hitam. Biji ini menjadi solusi alami yang menyehatkan tanpa efek samping.
Itulah 10 manfaat dan khasiat biji jintan hitam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat biji yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.

TIPS MENGGUNAKAN BIJI JINTEN HITAM:

Masukkan satu sendok makan biji jintan hitam kedalam cangkir, kemudian tuangkan air panas. Tutup selama 10 menit, kemudian teh jinten hitam sudah siap untuk Anda nikmati. Anda juga dapat menambahkan beberapa biji jinten hitam dalam secangkir kopi pada pagi hari. Biji jintan hitam juga dapat digiling, yang kemudian dapat digunakan untuk memberikan rasa pada salad.

EFEK SAMPING:

  • Biji jintan hitam dapat menurunkan kadar gula darah. Sehingga jika ragu dengan kondisi kesehatan Anda, sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter.
  • Wanita hamil harus menghindari mengkonsumsi jintan hitam, baik biji, minyak atau ekstrak. Mengkonsumsi jinten hitam dalam jumlah besar dapat merangsang kontraksi rahim yang dapat menyebabkan keguguran.
 Khasiat Jinten Hitam Untuk Pengobatan Berbagai Macam Penyakit Meskipun kecil, jinten hitam sangat luarbiasa, karena mengandung sekitar 100 senyawa kimia ( seperti vitamin, protein, asam lemak, karbohidrat, mineral, dll). Agama Islam meyakini bahwa jinten hitam memiliki bahan yang dapat menyembuhkan semua jenis penyakit kecuali kematian. Dalam Alkitab, jinten disebut sebagai biji hitam kuratif, yang telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman kuno. Berikut khasiat manfaat jinten hitam untuk kesehatan dan pengobatan Gangguan Perut Jinten hitam memiliki sifat menyembuhkan kondisi kesehatan yang berkaitan dengan perut. Gangguan perut seperti sembelit, dan perut kembung bisa diatasi dengan jinten hitam. Selain itu, jinten hitam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan dapat membasmi cacing usus. Sumber Nutrisi Penting Jintan hitam mengandung beta-karoten (pro – vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan kalium. Jintan hitam juga memiliki delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak diproduksi oleh tubuh kita, sehingga harus didapat dari sumber luar. Untuk keperluan suplemen gizi, Anda bisa minum setengah sendok teh ekstrak atau minyak Habbatussauda (jinten hitam) sebanyak tiga kali sehari. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh . Jintan hitam berkhasiat dapat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama untuk orang yang menderita gangguan imunitas tubuh. Menurut penelitian, 1 gram kapsul jinten hitam yang dikonsumsi dua kali sehari selama empat minggu dapat meningkatkan rasio sel T, antara positif dan negatif hingga 72 %. Meningkatkan kekebalan tubuh ini penting untuk menyembuhkanan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang  terkait dengan imunitas. Menyembuhkan Asma Dan Alergi Histamin adalah sebuah senyawa yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh akibat reaksi alergi. Senyawa Crystalline nigellone yang terdapat dalam  jintan hitam memiliki protein kinase C, yaitu substansi yang dikenal dapat menghambat pelepasan histamin. Pemberian jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar pasien dengan bronchitis, asma dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping . Untuk pengobatan asma dan alergi, ambil secangkir air hangat , tambahkan satu sendok madu, dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habatussauda. Campur dan minum di pagi hari, bisa sebelum sarapan atau setelah makan malam. Selama proses pengobatan ini, hindari makanan yang dingin dan membawa alergen . Mengobati Kanker Asam lemak yang terkandung dalam jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam berkemampuan menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, serta  produksi interferon, melindungi sel-sel normal, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat . Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh Minyak Habbatussauda. Minum sebanyak tiga kali sehari. Pengobatan mungkin bisa berlangsung selama empat puluh hari. Selain itu, Anda juga dapat menggosok minyak jintan hitam pada tubuh yang terkena kanker selama dua minggu. Gangguan Pencernaan Jintan hitam juga efektif melawan bakteri yang dikenal sangat tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri penyebab kolera, E. coli, dan Shigella spp. Dengan demikian, jintan hitam juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare, dan muntaber . Untuk mengobati gangguan pencernaan, ambil setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan hitam yang dicampur dengan secangkir susu. Minumlah campuran tersebut dua kali dalam sehari. Atau bisa juga dicampur dengan satu sendok teh bubuk jahe,  dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak Habbatussauda. Mengobati Peradangan Thymoquinine yang terkandung dalam jintan hitam adalah obat anti inflamasi yang sangat efektif. Anda dapat menggunakan minyak jintan hitam untuk salep yang diterapakan pada jerawat yang meradang. Untuk mencegah jerawat dan menghaluskan kulit, ambil satu sendok makan minyak zaitun yang dicampur dengan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gosokkan pada wajah, kemudian cuci wajah dengan air sabun setelah satu jam. Untuk pengobatan peradangan yang terjadi pada pergelangan kaki dan sendi yang lain, ambil satu sendok makan cuka, dua sendok madu, dan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk memijat bagian yang meradang. Meningkatkan Jumlah ASI Jintan hitam bisa meningkatkan jumlah susu untuk ibu yang menyusui,  karena kombinasi dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginine, yang penting untuk pertumbuhan bayi. Namun sayangnya, masih belum banyak yang diketahui tentang keamanan menggunakan biji hitam saat menyusui. Meningkatkan Kecerdasan Dan Mencegah Alzheimer Jinten hitam mengandung asam linoleat (omega 6), dan asam linolenat (Omega 3), sehingga merupakan nutrisi bagi sel otak yang baik untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Jintan hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah ) ke otak,  dan sangat cocok untuk diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia. Tips Menggunakan Biji Jinten Hitam Masukkan satu sendok makan biji jintan hitam kedalam cangkir, kemudian tuangkan air panas. Tutup selama 10 menit, kemudian teh jinten hitam sudah siap untuk Anda nikmati. Anda juga dapat menambahkan beberapa biji jinten hitam dalam secangkir kopi pada pagi hari. Biji jintan hitam juga dapat digiling, yang kemudian dapat digunakan untuk memberikan rasa pada salad. Peringatan Biji jintan hitam dapat menurunkan kadar gula darah. Sehingga jika ragu dengan kondisi kesehatan Anda,  sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter. Wanita hamil harus menghindari mengkonsumsi jintan hitam, baik biji, minyak atau ekstrak. Mengkonsumsi jinten hitam dalam jumlah besar dapat merangsang kontraksi rahim yang dapat menyebabkan keguguran.

Read more at CaraKhasiatManfaat: http://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlKhasiat biji jinten hitam

Comments

  1. http://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlhttp://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlhttp://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlhttp://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlhttp://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlhttp://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlhttp://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlhttp://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlhttp://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlhttp://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.htmlhttp://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyeri sendi - Gejala, penyebab dan mengobati

Kesehatan Tubuh