Manfaat Jintan Putih Untuk Kesehatan


Jintan putih merupakan salah satu jenis rempah yang dimiliki oleh negara kita, Indonesia. Sehingga manfaat jintan putih pun sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengetahui sedikit dari sekian banyak manfaat yang bisa didapatkan dari jintan putih ini. Di dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai manfaat dari jintan putih, sehingga siapapun dapat memanfaatkan jintan putih secara maksimal.
Dahulu jintan putih hanya bisa dutemui di wilayah Asia Tenggara. Bahkan jintan putih mendjadi rempah wajib untuk bumbu khas makanan dari Meksiko, Afrika, Timur Tengah hingga Kuba. Saat ini jintan putih sudah menyebar ke seluruh dunia dan sudah bisa ditemui di berbagai belahan dunia manapun. Jintan putih merupakan sejenin tumbuhan yang berbunga dan pertumbuhan tanaman ini tidak terlalu tinggi. Jintan termasuk ke dalam keluarga apiaciae dan genus cuminum. Jintan memiliki nama ilmiah cuminum cyminum. Jintan juga mengandung berbagai minyak esensial dan memiliki bau harum yang sangat khas.
Kandungan Nutrisi Jintan Putih
Jintan putih selain digunakan untuk menyedapkan masakan, juga memilikin kegunaan lainnya bagi kesehatan. Tetapi sebelumnya tentu akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi di dalam jintan putih ini. Di dalam 100 gram jintan putih terkandung:
Kandungan GiziNilai GiziPresentase Gizi
Energi375 kalori
Karbohidrat44,24 gram4 %
Protein17,8 gram32 %
Lemak total22,27 gram74 %
Kolesterol0 mg0 %
Serat10,5 gram26 %
Folat10 µg2,5 %
niacin4,58 mg28,5 %
Pyridoxine0,435 mg33 %
Riboflavin0,32 mg24,5 %
Thiamin0,628 mg52 %
Vitamin A1270 IU42 %
Vitamin C7,7 mg13 %
Vitamin E3,3 mg22 %
Vitamin K5,4 µg4,5%
Sodium1788 mg38 %
Potasium68 mg11 %
Kalsium931 mg93 %
Tembaga0,867 mg96 %
Zat besi66,36 mg829 %
Magnesium366 mg91 %
Mangan3,3 mg145 %
Fosfor499 mg71 %
Zinc4,8 mg43,5 %
Beta karotene762 µg
Beta crypto xanhin0 µg
Lutein zeaxanthin448 µg

Manfaat Jintan Putih Untuk Kesehatan

Jika selama ini anda hanya mengetahui jintan sebagai penyedap masakan, kali ini anda akan mengetshui lebih banyak lagi manfaat – manfaat dari jintan putih. Penasaran? Yuk simak berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapat dari jintan putih:
  1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Ingin cepat langsing dan sehat? Jintan bisa menjadi solusi alternatif yang efektif untuk membantu snds menurunkan berat badan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jintan mengandung cukup banyak serat yakni 10,6 gram atau sekitar 26% dari total kebutuhan serat setiap harinya. Kandungan tersebut bisa kita manfaatkan dalam membantu melancarkan sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Sehingga lemak dan kotoran yang ada di dalam tubuh pun tidak menumpuk dan membuat kita gemuk.
Menurunkan berat badan
  1. Melancarkan Peredaran Darah
Jintah putih juga bisa membantu untuk menyehatkan serta melancarkan peredaran darah. Kandungan mineral seperti zat besi, mangan, tembaga, zinc, potasium dan yang lainnya merupakan unsur – unsur yang sangat dibutuhkan untuk menyehatkan darah dan peredaran darah di dalam tubuh. Mineral tembaga misalnya dibutuhkan dalam pembentukan sel – sel darah merah.
  1. Membantu Menstabilkan Tekanan Darah
Kandungan potasium sebanyak 68 mg sangat berguna untuk membantu menormalkan tekanan darah serta detak jantung. Potasium merupakan komponen yang sangat penting untuk meregulasi sel – sel tubuh dan cairan tubuh yang berguna untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  1. Mengobati Sakit Perut
Jintah putih sudah digunakan sejak dahulu kala dan sudah dimanfaatkan kandungannya untuk mengobati sakit perut. Jika anda mengalami kembung, perut bergas, perut perih maupun diare bisa diredakan dengan mengkonsumsi jintan putih.
Mengobati sakit perut
  1. Merilekskan Otot – Otot
Jintan putih memiliki kandungan magnesium dan potasium. Kedua komponen tersebut sangat bermanfaat untuk melemaskan dan merilekskan otot – otot tubuh ysng tegang seperti saat setelah berolahraga atau setelah bekerja seharian.
Baik untuk otot
  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Selain dapat mengobati sakit perut, jintan putih juga dapat sekaligus menyehatkan sistem pencernaan secara menyeluruh. Ini karena jintan putih mengandung tinggi serat serta terdapat pula anti mikroba dan anti fungal sehingga dapat melindungi sistem pencernaan dari serangan penyakit berbahaya yang dapat menyerang organ – organ pencernaan.
Baik untuk sistem pencernaan
  1. Membantu Mengobati Dan Mencegah Ambeien
Ambeien pada dasarnya diakibatkan oleh sembelit akibat kurangnya konsumsi serat sehingga menimbulkan luka pada anus. Sehingga luka tersebut dapat menimbulkan infeksi yang menyebabkan ambeien tersebut. Tingginya kandungan serat di dalam jintan putih dapat melancarkan pencernaan, qmencegah ambeien yang sekaligus membantu mencegah terjadinya ambeien. Sedangkan anti mikroba serta anti fungal di dalam jintan putih akan membantu menyembuhkan infeksi atau ambeien.
Baik untuk mencegah Ambeien
  1. Menyembuhkan Gangguan Pernafasan
Mengalami gangguan pernafasan? Jintan putih bisa berfungsi untuk mengobati gangguan yang terjadi pada sistem pernafasan seperti bronkhitis, asma, dan gangguan pernafasan lainnya. Ini karena di dalam jintan putih terkandung kafein sebagai ‘stimulating agent’ serta minyak esensial yang berfungsi sebagai disinfektan. Kandungan – kandungan tersebut menjadikan jintan putih sebagai obat herbal yang ideal untuk meredakan asma maupun bronkhitis.
Gangguan Pernafasan
  1. Mencegah Penyakit Kanker
Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Untuk itu penting bagi kita untuk mencegah penyakit ini dari sedini mungkin. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker? Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi jintan putih. Jintan putih dikenal mengandung fito kimia yang dapat membentuk anti oksidan. Anti oksidan sangat penting untuk melawan radikal – radikal bebas penyebab penyakit kanker.
Top Untuk Kanker
  1. Menyehatkan Kulit
Jintan putih mengandung vitamin e yang cukup tinggi yakni sebanyak 3,3 mg yang dapat memenuhi sekitar 22 % kebutuhan vitamin e setiap harinya. Vitamin e sangat dibutuhkan tubuh dan membuat kulit sehat dan bercahaya. Nah, jika anda ingin memiliki kulit yang sehat dan cerah, coba konsumsi si jintan putih ini secara teratur.
Top 1 Pengangkat sel kulit mati :
  1. Menyembuhkan Jerawat
Jerawat merupakan kondisi kulit yang sangat mengganggu. Jerawat sangat mengganggu penampilan dan parahnya lagi jerawat dapat menurunkan rasa percaya diri. Selain itu, jerawat bahkan ketika sudah sembuh dapat menimbulkan bintik – bintik hitam yang sangat mengganggu. Jintan putih mengandung banyak minyak esensial yang dapat membantu menyembuhkan jerawat, bisul maupun gangguan kulit lainnya. Selain minyak esensial, jintan putih juga mengandung anti mikroba dan anti fungal yang dapat membantu mengobati sekaligus mencegah infeksi yang disebabkan oleh jamur maupun mikroba.
Baik untuk menyembuhkan jerawat
  1. Mencegah Penuaan Dini
Vitamin e di dalam jintan putih dapat berfungsi sebagai anti ageing di dalam tubuh sehingga membantu mencegah penuaan dini dan gejalanya. Vitamin e juga berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat mencegah masuknya radikal – radikal bebas dan mencegah masuknya toksin yang dapat menjadi penyebab timbulnya keriput, noda hitam dan kendurnya kulit. Kandungan tersebut yang dikombinasi dengan adanya anti bakteri yang juga terdapat di dalam jintan putih menjadikan jintan putih sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin memiliki kulit sehat cantik yang bertahan lama.
Mencegah penuaan dini
  1. Mengobati demam dan gatal – gatal
Jika suhu tubuh anda panas atau demam, jintan putih bisa sangat berguna untuk menurunksn panas. Selain panas, jintan putih juga dapat mengobati gatal – gatal. Caranya adalah dengan mencampurkan jintan putih pada air mendidih. Selanjutnya jika air tersebut sudah bersuhu hangat anda bisa menggunakannya untuk mandi, dan dijamin panas dan gatal – gatal pun akan sembuh.
Mengobati Demam
  1. Meredakan Sensasi Terbakar
Bagi anda penyuka makanan pedas, pasti anda sering mengalami sensasi terbakar di dalam mulut atau pada tangan setelah mengkonsumsi makanan pedas. Jika mengalami hal tersebut, anda bisa menggunakan jintan putih untuk menghilangkan sensasi terbakar tersebut. Caranyan sangat mudah yaitu cukup dengan mencampur jintan putih dan rebus di dalam air. Saat air sudah hangat, minum dan sensasi terbakar pun dapat hilang dengan segera.
Baik untuk mengatasi rasa terbakar
  1. Membantu Menghilangkan Ketombe Yang Membandel
Banyak produk perawatan rambut yang saat ini banyak beredar di pasaran. Namun terkadang banyak juga produk perawatan yang hanya menghilangkan ketombe untuk sementara waktu. Jintan putih mengandung minyak esensial yang bisa berfungsi untuk menghilangkan ketombe dan mencegah ketombe kembali lagi.
Baik untuk menghilangkan ketombe

Manfaat Jintan Putih dalam Dunia Kuliner

Jintan putih sudah dikenal sejak lama sebagai penyedap masakan. Berikut mengenai manfaat – manfaat jintan putih dalam dunia kuliner.
  1. Jintan putih dalam bentuk biji atau sudah dihaluskan merupakan bumbu atau penyedap masakan berbagai sajian masakan.
  2. Intan putih yang masih berbentuk biji sudah digunakan sejak jaman Yunani kuno sebagai p3nyedap masakan untuk olahan daging, ayam maupun ikan.
  3. Di India, jintan putih merupakan bumbu wajib dalam masakan jeera daal, dan aaloo jeera. Sedangkan di Timur Tengah jintan putih digunakan sebagai bumbu khususnya untuk olahan daging, kari dan nasi.
  4. Di Pakistan dan India, jintan putih digunakan dalam industri makanan yang memproduksi permen, bahkqn hingga minuman ringan.
  5. Di India, jintan putih juga digunakan sebagai bumbu dan campuran pada masakan vegetarian.

Cara Memilih dan Menyimpan Jintan Putih

jintan putihDi pasaran, jintan putih tersedia dalam bentuk biji atau bubuk. Tetapi akan lebih baik jika anda menggunakan jintan putih yang masih dalam keadaan biji. Ini karena jintan putih yang masih dalam keadaan biji masih memiliki kualitas yang sangat baik dan masih terjaga aroma khas dari jintan putih itu sendiri. Sedangkan jintan putih dalam bentuk bubuk sudah berkurang kualitas maupun nilai gizinya pada saat proses pengolahan dari biji menjadi bubuk. Jika memilih jintan dalam bentuk bubuk, coba ambil sedikit saja dari jintan bubuk tersebut dengan menggunakann jari telunjuk dan ibu jari. Gesekan bubuk jintan putih tersebut diantara jari telunjuk dan ibu jari anda, jika jintan tersebut mengeluarkan bau harum jintan yang khas maka jintan tersebut merupakan jintan putih dengan kualitas yang bagus.
Untuk cara penyimpanan, menjaga jintan putih tetap dengan kualitas yang baik tidak lah rumit. Jintan putih dapat disimpan pada tempat kering bisa dimasukan kedalam kulkas maulun ditempatkan di tempat yang kering, sejuk maupun tempat yang tidak memiliki pencahayaan. Jika ditempatkan di dalam lemari es, pastikan wadah jintan putih bebas dari udara sehingga jintan dapat bertahan lama.

Efek Samping Jintan Putih

Penggunaan jintan putih dalam makanan dalam takaran yang berlebihan dapat menyebabkan permasalahan pada sistem pencernaan anda seperti:
  • Gangguan pencernaan
  • Diare
  • iritasi organ pencernaan
  • luka pada usus
walaupun jintan putih ini mengandung banyak manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, akan lebih baik jika mengkonsumsi jintan putih ini dengan takaran yang secukupnya saja  sehingga tidak menimbulkan efek samping – efek samping yang sudah disebutkan di atas.

Comments

Popular posts from this blog

Nyeri sendi - Gejala, penyebab dan mengobati

Biji Jinten Hitam

Kesehatan Tubuh