Manfaat kunyit putih untuk maag dan Asam Lambung

Manfaat Kunyit Putih untuk Maag dan Asam Lambung


Manfaat Kunyit Putih Untuk Lambung Perih Dan Maag - Tumbuhan Kunyit putih menjadi salah satu tanaman obat tradisional yang dimanfaatkan banyak kalangan untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Pada artikel sebelumnya, sudah kita ulas mengenai manfaat kunyit. Kunyit putih tidak seperti dengan kunyit kuning yang biasa ditemui, karena memang agak jarang tanaman ini dijadikan untuk bumbu memasak. Kunyit putih adalah sejenis umbi yang berbuah tahunan, dengan rimpang bulat dan berwarna putih hampir mirip kencur. Selengkapnya mengenai Manfaat Kunyit Putih Untuk Lambung Perih Dan Maag akan diulas pada postingan ini.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Lambung Perih Dan Maag


Ada beberapa manfaat yang akan saya sampaikan dari manfaat 2 jenis kunyit, yaitu kunyit putih dan kunyit asam. Kunyit putih mampu mengobati bermacam-macam keluhan penyakit, berikut ini resep pengobatan dengan kunyit putih :

Mengobati penyakit maag – Gejala penyakit maag terjadi karena pola makan yang tidak teratur dan mengkonsumsi makanan yang memicu asam lambung terlalu banyak. Anda dapat mencoba untuk mengobatinya dengan kunyit putih supaya penyakit tidak semakin parah. Caranya : Kunyit putih dibersihkan kemudian dipotong-potong. Lalu rebus dengan 500 cc air, rebus sampai airnya tinggal separuhnya. Saring ramuan kemudian biarkan sampai dingin. Minum selagi hangat dengan ditambahkan madu. Minum 2 kali sehari, dosis 50 cc sekali minum.

Mencegah kanker payudara – Selain kanker serviks, gejala kanker payudara sangat ditakutkan oleh para wanita, untuk meminimalkan resikon terjadinya kanker ini dapat membuat ramuan dengan manfaat kunyit putih. Caranya, kunyit putih dan tambahkan lagi seperti keladi putih di cuci bersih dan dipotong-potong. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas, tunggu sampai tinggal setengahnya. Saring dan dinginkan, setelah itu minum dengan campuran madu alami untuk pemanisnya.

Membuat bahan kosmetik kecantikan - Selain untuk menyembuhkan penyakit kanker, kunyit putih juga banyak dipakai untuk bahan pembuat kosmetik, sebab kunyit dapat berkhasiat untuk menghaluskan kulit dan dapat berguna untuk mengempeskan jerawat. Kosmetik menggunakan bahan alami seperti kunyit putih ini dinilai lebih aman dari pada yang mengandung bahan kimia. kunyit dapat diolah sendiri tanpa menggunakan bahan campuran lainnya, namun dapat juga untuk diolah dengan menggunakan bahan tambahan seperti asam.




Manfaat Kunyit Putih Untuk Lambung Perih Dan Maag


Berikut adalah penjelasan tentang khasiat kunyit asam. Berikut 8 Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan dan Kecantikan anda :

1. Dapat Menetralkan Racun Dalam Tubuh

Minum jamu kunyit asam mampu mengelurkan racun yang ada dalam tubuh akibat mengonsumsi obat kimia secara berlebihan yang dapat mengancam kesehatan. Kandungan senyawa dalam kunyit bisa mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tubuh lebih sehat dan terbebas dari berbagai penyakit akibat endapan racun itu.

2. Minuman Diet Alami

Memiliki berat badan yang berlebihan akan merusak penampilan seseorang sehingga sebagian besar orang yang memiliki berat badan berlebihan akan menggunakan berbagai cara untuk diet agar berat badan mereka sesuai dengan idealnya. Salah satu penyebab berat badan tidak terkendali adalah meningkatnya nafsu makan dan ngemil. Mengonsumsi jamu kunyit asam bisa mengurangi nafsu makan sehingga jamu ini sangat efektif bekerja sebagai minum diet alami tanpa efek samping.

3. Mengatasi Infeksi

Kunyit mempunyai kandungan anti bakteri yang dapat memebunuh bakteri penyebab infeksi seperti infeksi pada luka bakar, infeksi tenggorokan, infeksi akibat radiasi sinar matahari berlebih, dll. Mengonsumsi jamu kunyit asam mampu mengatasi masalah infeksi karena terdapat sifat anti-inflamasi atau anti radang pada kunyit.

4. Memperlancar Siklus Haid Pada Wanita

Salah satu manfaat jamu kunyit asam bagi wanita adalah melancarkan siklus haid. Normalnya setiap wanita akan memiliki siklus haid setiap bulan sekali tetapi karena beberapa faktor seperti stress dan kelelahan maka siklus haid pada wanita tidak berjalan dengan semestinya. Salah satu ramuan yang dapat mengatasi masalah ini adalah jamu kunyit asam agar hasilnya maksimal kunyit asam dapat dikombinasikan dengan daun sirih, selain untuk melancarkan siklus haid juga dapat mengatasi rasa nyeri saat haid dan juga menghilangkan masalah keputihan yang banyak dialami para wanita.

5. Mencerahkan Kulit

Mengonsumsi jamu kunyit asam mampu menetralkan racun dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan akan memberi dampak posistif pada kulit, yaitu kulit menjadi lebih sehat, cerah dan bersih.

6. Membakar Lemak Dalam Tubuh

Selain mengurangi selera makan ternyata mengonsumsi jamu kunyit asam juga dapat membakar lemak dalam tubuh karena kunyit memiliki kandungan senyawa kurkumin. Jadi minuman herbal ini merupakan cara efektif untuk diet dan mengurangi berat badan yang berlebihan. Inilah manfaat jamu kunyit asam setelah melahirkan untuk mengecilkan perut buncit Anda.

7. Memperlambat Proses Penuaan

Ada beberapa orang tidak ingin nampak tua sehingga mereka banyak melakukan berbagai cara untuk memperlambat proses penuaan. Salah satu cara alami untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengonsumsi jamu kunyit asam secara teratur. Jamu kunyit asam mengandung antioksidan yang baik untuk membantu proses peremajaan kulit sehingga dapat menghambat proses penuaan.

8. Menghilangkan Bau Badan

Masalah yang sering muncul pada remaja adalah masalah bau badan. Masalah ini dapat muncul akibat beberapa faktor seperti makanan. Terkadang meskipun telah menggunakan deodorant seseorang tidak dapat menyembunyikan bau badan mereka. Cara manjur untuk menghilangkan bau badan, yaitu dengan mengonsumsi jamu kunyit asam setiap hari dan agar lebih maksimal khasiatnya maka ditambahkan dengan daun luntas.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam yang Benar :


Setelah Anda tau beberapa khasiat jamu kunyit asam bagi pria maupun wanita, lalu bagaimana cara membuat jamu kunyit asam? Berikut cara untuk membuat jamu kunyit asam dengan mudah:

1. Bahan yang dibutuhkan:

  • Kunyit segar (½ kg)

  • Gula jawa atau gula merah aren (¼)

  • Asam jawa (1/2)

  • Air (2 liter)

  • Garam (1/6 sdt)

2. Cara membuat:

  • Bersihkan kunyit dengan air bersih

  • Parut atau blender kunyit yang telah dibersihkan kemudian peras untuk diambil sarinya saja.

  • Rebus air perasan kunyit dengan 2 liter air, gula jawa, garam, dan asam lalu aduk-aduk hingga mendidih.

  • Setelah mendidih diamkan beberapa menit hingga dingin.

  • Jamu kunyit asam siap untuk dikonsumsi, jika ingin lebih segar maka tambahkan es pada minuman jamu ini.

Comments

Popular posts from this blog

Biji Jinten Hitam

Nyeri sendi - Gejala, penyebab dan mengobati

Kesehatan Tubuh