Seputar Penyakit Maag atau Radang Lambung atau Tukak lambung

Maag atau dalam bahasa medis dispepsia atau gastritis akibat peradangan lambung yang mengalami infeksi pada dinding lambung yang disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, sering makan pedas, asin, asam. Ketika terdiagnosa terserang maag, penderita maag akan mengalami rasa sakit pada perut, mulas, perih, nyeri, rasa mual ingin muntah. Maag yang bila tidak cepat diatasi akan berakibat fatal hingga menjadi maag kronis kemudian akan memberi kemungkinan yang semakin menakutkan hingga terjadi kanker lambung.

Menurut Gejala dan Tingkat Keparahan Sakit Maag dilalui 4 tahap sebelum menjadi Kanker Lambung, yakni :
Tahan 1. Maag Ringan
Maag ringan merupakan maag yang sudah umum terjadi ditengah masyarakat masih termasuk tahap ringan yang mana sudah banyak mendera siapa saja. Namun jika dilakukan pemeriksaan kemudian asam lambung akan mulai terlihat di bagian dinding.
Tahan 2. Maag Sedang
Maag sedang yakni maag yang sering terjadi dan dirasakan yang terkadang menimbulkan rasa nyeri, sakit, mual dan ingin muntah. Namun gejala tersebut lebih muncul ketika perut dalam keadaan kosong belum terisi makanan.
3. Maag kronis
Maag yang sudah lama berlangsung dan terlambatnya penangganan dalam mencegah dan mengobati maag itu sendiri yang mengembangkan gejala dari sakit maag tersebut semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena produksi asam lambung yang semakin meningkat dan peradangan pada lambung yang semakin parah.
4. Kanker Lambung
Kanker lambung dapat terjadi karena akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter Pylori.
Adapun Gejala atau Tanda-Tanda dari Sakit Maag atau Radang Lambung atau Tukak Lambng, antara lain :

1. Saat buang air besar terasa sakit
2. Mual dan Muntah
3. Sering Merasa Lapar
4. Perut Kembung
5. Nyeri yang luar biasa
Kini masalah sakit maag bukan menjadi suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari, atasi segera maag anda sebelum menjadi maag kronis dengan mengkonsums.
Obat Maag yang dibuat dan diolah 100 % dari berbagai macam tanaman herbal dan alami

Tentang Obat Maag

Apabila tubuh kekurangan mineral akan menyebabkan gangguan kejiwaan, stress dan depresi, oleh karenanya Obat Maag diproduksi dan dihadirkan untuk Anda mengatasi masalah maag dan lainnya yang masih memiliki kaitan erat dengan lambung.

Manfaat Obat Maag:


  • Dapat membantunya dalam memelihara kesehatan lambung
  • Dapat membantunya dalam menurunkan asam lambung tinggi
  • Dapat membantunya dalam mengatasi penyakit maag dan cara mencegahnya
  • Membantunya dalam mengurangi berbagai macam gejala maag dan dapat mengobati tukak lambung

Kandungan Obat Maag dan Komposisi Obat Maag:

  1. Curcuma Domestica Rhizoma ( Kunyit )

Kunyit memiliki banyak manfaat yang dapat membantunya dalam menurunkan asam lambung, karena kunyit memiliki fungsi sebagai memproduksi dalam menurunkan asam lambung yang tinggi, dan selain itu juga dapat membantunya dalam mengatasi infeksi pada bagian selaput lendir dan juga dapat membuat lambung akan mengurangi sakit akibat dari kekejangan otot pada bagian dinding lambung.
  1. Curcuma Xanthoriza Rhizoma ( Temulawak)

Temulawak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan terutama yaitu dengan mengeluarkan racun dan kotoran didalam sistem pencernaan karena temulawak dapat membantunya dalam memelihata kesehatan lambung dan sudah bersifat senyawa antiinflamasi (anti radang di dalamnya) sehingga sangat berguna untuk membantunya mengatasi terjadinya pembengkakan di bagian lambung, dan selain itu terdapat manfaat di dalam temulawak yang dapat membantunya dalam mempercepat proses kerja dari usus halus sehingga membuat lambung semakin cepat di kosongkan, dan akan membantunya dalam mengurangi beban dari lambung akibat konsusi makanan serat cairan di dalam lambung.
Penyakit maag atau juga dikenal dengan nama gastritis adalah suatu  kondisi medis di mana terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Penyakit ini pada umumnya menyerang secara tiba-tiba dan berlangsung singkat, namun ada kalanya juga merupakan bagian dari sebuah penyakit medis yang serius dan berlangsung cukup lama. Kebanyakan orang menganggap penyakit maag Psebagai gangguan penyakit yang ringan dan tidak terlalu mengkhawatirkan. Pengobatan Penyakit maag dapat dilakukan dengan meninggalkan gaya hidup yang buruk dan mulai hidup sehat, pengobatan medis modern dan juga pengobatan alternatif atau tradisional.
Penyakit maag pada dasarnya dibagi menjadi dua kategori. Penyakit maag akut dan penyakit maag kronis. Penyakit maag itu sendiri, senyatanya bukanlah merupakan penyakit tunggal. Penyakit maag muncul akibat dari beberapa kondisi kesehatan yang buruk. Yang acap kali terjadi dan kerap ditemui adalah, peradangan pada lambung timbul akibat dari bakteri bernama Helicobacter pylori. Bakteri yang juga dikenal sebagai bakteri yang dapat menyebabkan borok (ulcer) pada lambung. Penyakit maag yang disebabkan oleh bakteri ini dikategorikan sebagai penyakit maag kronis.  Perlu untuk masyarakat awam ketahui, infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori bisa sangat membahayakan. Pengobatan penyakit maag kronis sama sekali tidak bisa dianggap enteng karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung.
Selain penyakit maag kronis, penyakit maag yang paling banyak didapati di masyarakat adalah penyakit maag akut. Penyebab penyakit maag akut rata-rata disebabkan oleh stress, pemakaian zat-zat kimia tertentu, konsumsi minuman keras, serta kebiasaan menyantap makanan yang terlalu pedas atau kelewat asam. Ketika seseorang mengalami stress, akan timbul perangsangan saraf simpatis NV atau Nervus vagus, yang serta merta akan meningkatkan produksi asam klorida (HCl) di dalam lambung. Tingginya produksi asam klorida  di dalam lambung akan mengakibatkan rasa mual, muntah-muntah dan juga anoreksia. Namun, berita baiknya, penyakit maag akut dapat diobati dengan mudah asalkan benar-benar bersedia merubah gaya hidup anda menjadi lebih baik dan lebih sehat.
Dibawah ini saya akan membuat ringkasan dari tulisan di atas. Anda bisa mengetahui dan mempelajari apa-apa saja gejala, penyebab dan cara-cara mudah untuk hidup lebih sehat dan bebas penyakit maag.
Beberapa gejala yang lazim didapati pada penderita penyakit maag adalah sebagai berikut:
  • Nyeri atau rasa seperti terbakar pada perut
  • Perut terasa kembung dan terus menerus bersendawa
  • Mual dan muntah-muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Cegukan
  • Diare
Adapun penyebab dari timbulnya penyakit maag antara lain adalah:
  • Efek dari pemakaian obat-obatan tertentu secara terus-menerus (aspirin, ibuprofen, naproxen)
  • Pemakaian zat-zat kimia seperti kokain
  • Radiasi atau kemoterapi
  • Meningkatnya cairan asam lambung
  • Konsumsi alkohol
  • Terlalu banyak makan atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan panas dan pedas
  • Merokok (penggunaan tembakau)
  • Kopi dan minuman lain yang mengandung kafein
  • Kecemasan dan tingkat stress yang tinggi
Cara-cara mudah untuk mengobati penyakit maag dapat kita lakukan dengan:
  • Mengikuti diet khusus untuk penderita penyakit maag
  • Meminum obat yang dianjurkan secara teratur sampai benar-benar sembuh dan terbebas dari penyakit maag
  • Makanlah makanan yang sehat dan tidak terlalu berat dengan bumbu atau rempah. Contohnya roti panggang, sampai anda benar- benar sembuh
  • Kurangi porsi makanan yang anda santap. Makanlah dalam posi kecil setiap kalinya.
  • Hindari makanan yang terlalu pedas untuk sementara waktu, atau buah-buahan dengan kadar asam tinggi seperti anggur.
  • Jauhi minuman yang mengandung alkohol dan kafein, begitu pula soda dan kola.
  • Jangan makan secara berlebih-lebihan atau melewatkan waktu makan. Makanlah dengan teratur di waktu-waktu yang tepat.
  • Istirahat yang cukup.
  • Hindari stress. Nikmati dan syukuri hidup anda.

http://tokoherbal02.blogspot.com/2018/04/kesehatan-tubuh.html

Comments

Popular posts from this blog

Nyeri sendi - Gejala, penyebab dan mengobati

Biji Jinten Hitam

Kesehatan Tubuh